Kamis, 30 Juni 2016



Inverter merupakan sebuah alat elektrik yang berfungsi sebagai pengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak balik (AC). Inverter mampu mengkorvesi arus listrik DC 12/24 volt dari sumber listrik seperti baterai, kincir angin, panel surya menjadi AC 220 volt yang sama dengan PLN. Power Inverter biasanya digunakan dalam proses Pembangkit Listrik dimana Power Inverter berfungsi sebagai sumber arus AC untuk perangkat listrik seperti lampu, televisi, komputer, dll.


Inverter mempunyai jenis-jenisnya dan cara kerjanya pun berbeda-beda. Jenis-jenisnya adalah:
1.Square Sine Wave Inverter: Inverter jenis ini menghasilkan output gelombang (sinus) persegi. Jenis inverter ini tidak cocok untuk beban kerja pada perangkat AC tertentu seperti transformer atau motor induksi. Selain itu jenis inverter ini juga dapat merusak peralatan tersebut. 
2.Modified Sine Wave Inverter: Tipe inverter ini menghasilkan output berupa gelombang persegi yang disempurnakan/persegi kuasi (kombinasi antara square wave dan sine wave). Inverter ini mampu menggerakkan kumparan, hanya saja perfomanya tidak begitu maksimal dan faktor energi loss yang besar membuatnya tidak cocok dengan perangkat elektronik yang sensitif dan khusus, misalkan peralatan audio tertentu. 
3.Pure Sine Wave Inverter: Inverter jenis ini menghasilkan output gelombang sinus yang murni setara PLN. Inverter jenis ini sangat diperlukan oleh beban-beban yang memakai kumparan induksi agar dapat bekerja lebih mudah, lancar dan tidak cepat panas. 
4.Grid Tie Inverter: Inverter tipe ini tergolong spesial karena dirancang untuk menyuntikkan arus listrik ke sistem distribusi tenaga listrik yang sudah ada, misalkan genset atau PLN. Inverter ini biasanya berisi satu atau lebih fitur maksimum power point tracking untuk konversi jumlah maksimum daya yang tersedia, dan juga termasuk fitur proteksi keselamatan. 
Total rugi atau loss yang terjadi berupa dissipasi daya dalam bentuk panas. Jika kita menginginkan power inverter yang tidak mengeluarkan loss terlalu banyak maka kita harus memilih Inverter yang memiliki efisiensi tinggi. Power Inverter yang mempunyai effisiensi tertinggi adalah Grid Tie Inverter yang bisa mencapai 95%-97% bila beban outputnya hampir mendekati rated bebannya. Dan kamij merekomendasikan anda membeli inverter dari kami karena inverter yang kami jual sudah memenuhi standar dan brand-brand yang bekerjasama dengan kami merupakan brand-brand besar serta harga alat yang cukup bersaing di pasaran. Untuk melihat inverter yang kami jual, anda dapat menuju halaman ini .

0 komentar:

Posting Komentar